1. Tujuan umum
Tujuan umum pelatihan pembelajaran mendalam bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah/pendamping satuan pendidikan adalah meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam mengimplementasikan pembelajaran mendalam sesuai tugas dan fungsinya.
2. Tujuan khusus
Secara khusus tujuan dari pelatihan pelatihan pembelajaran mendalam bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah/pendamping satuan pendidikan
Pelatihan yang di laksanakan oleh H. Zulkarnain Dahri S,PD M.M
dan di hadiri langsung kepada KEMENAG
H.AINUL ASWAD M.A
Narasumber Dini WAriastuti S.Pd. M.Pd
Alur pelatihan pada pelatihan pembelajaran mendalam bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mengacu pada alur Memahami-Mengaplikasi-Refleksi. Alur tersebut diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang diterapkan pada tiap-tiap modul pelatihan sesuai dengan gambar berikut.
1. Memahami
Memahami dalam pendekatan PM adalah fase awal pembelajaran yang bertujuan membangun kesadaran peserta terhadap tujuan pembelajaran, mendorong peserta untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan agar peserta dapat memahami secara mendalam konsep atau materi
2. Mengaplikasi
Mengaplikasi merupakan pengalaman belajar yang menunjukkan aktivitas peserta mengaplikasikan pengetahuan secara kontekstual. Pengetahuan yang diperoleh peserta pada tahapan memahami diaplikasikan sebagai proses perluasan pengetahuan.
3. Merefleksi
Merefleksi merupakan proses saat peserta mengevaluasi dan memaknai proses serta hasil dari tindakan atau praktik nyata yang telah mereka lakukan. Refleksi ini bertujuan untuk memahami sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, serta mengeksplorasi kekuatan, tantangan, dan area yang perlu diperbaiki.
Struktur Program
Struktur program yang dikembangkan pada pelatihan pembelajaran mendalam terdiri dari materi umum, materi inti, dan materi penunjang bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah
Koresponden (putra Siregar)
0 Komentar